Fasilitas

Infrastruktur Teknologi Informasi

Dengan didukung sebanyak 160 entitas server fisik maupun virtual menggunakan mesin dengan total kapasitas 1.270 core CPU, 5 Terabyte RAM dan lebih dari 178,234 Terabyte storage, UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Jember mampu memberikan layanan yang maksimal kepada semua sivitas di lingkungan Universitas Jember.

Dalam dukungan jaringan internet, terdapat sebanyak 857 Access Point [lihat data selengkapnya] pada sistem controller telah tersebar diseluruh titik di semua kampus Universitas Jember sebagai penyedia koneksi internet wireless. Jumlah bandwidth yang dilanggan oleh Universitas Jember pada tahun 2020 sebesar 6 Gbps (Giga bit per second) dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Koneksi internasional dan nasional sebesar 3 Gbps oleh provider Telkom Indonesia, Tbk.
  2. Koneksi internasional dan nasional sebesar 3 Gbps oleh provider Cyberindo Aditama (CBN).
  3. Jaringan Khusus Tertutup Nasional oleh IdREN (Indonesian Research and Education Network) sebesar 90 Mbps (Mega bit per second).
  4. Koneksi metro (Metro Ethernet Network) Kampus 1.100 Mbps  yang terbagi ke beberapa lokasi kampus Universitas Jember sebagai berikut:

500Mbps untuk jaringan jalur metro Kampus Bondowoso
150Mbps untuk Jaringan jalur metro Kampus Lumajang
150Mbps untuk Jaringan jalur metro Kampus Pasuruan
150Mbps untuk Jaringan jalur metro Agrotechnopark Jubung
50Mbps untuk Jaringan jalur metro Kampus FKIP 2
50Mbps untuk Jaringan jalur metro Kampus Teknik Patrang
50Mbps untuk Jaringan jalur metro Kampus Pagah

Program dan Aplikasi

Dalam mendukung aktivitas pembelajaran, riset dan pengelolaan Universitas, UPT TIK menyediakan ragam program dan aplikasi yang dilanggan maupun dikembangkan secara mandiri.

Untuk menunjang kegiatan sivitas akademik universitas, UPT TIK juga mengembangkan layanan utama penunjang antara lain SISTER (Sistem Informasi Terdistribusi) yang didalamnya terdapat berbagai modul layanan pendukung akademik (SBMPTBR, KRS, SIMKEU, SRD, SIKD, SIMANGGA, SIBAJA, BKD, SKPI, e-Vote, e-Payment, dll.), CBT, E-Learning (disebut dengan istilah MMP atau Media Manajemen Pembelajaran), Kawanda, UC3, Jurnal, Intranet, Web Staff, UHost, dan lainnya.

Saat ini UPT TIK juga telah melayani hosting website untuk sivitas dan umum pada layanan UHost (UNEJ Hosting). Untuk website internal ada 40 hosting website UKM, dan 257 hosting untuk website Unit Kerja, Fakultas dan Program Studi, serta lembaga di lingkungan Universitas Jember. Untuk layanan email (Google Workspace) @unej.ac.id dan @mail.unej.ac.id, sampai saat ini telah terdaftar sejumlah 72.287 akun dengan status aktif.

Demikian juga untuk pengguna layanan Kawanda, online cloud storage milik Universitas Jember, telah mencapai 67.568 pengguna terdaftar dengan masing-masing mendapatkan kapasitas penyimpanan maksimal sebesar 20 GB.