• Office 365 Education
  • Email Institusi

Baru, Presensi dengan Menggunakan Aplikasi Zoom di Universitas Jember

Menutup bulan Agustus, bulan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, saat ini disberitahukan bahwa presensi perkuliahan untuk Dosen dan Mahasiswa di Universitas Jember dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom dan akan terekam secara otomatis.

Metode presensi dengan menggunakan aplikasi Zoom ini merupakan fitur baru dalam perkuliahan daring di Universitas Jember selain yang selama ini digunakan, yaitu metode QRCode pada SISTER dan Attendance pada MMP. Ada beberapa hal yang perlu dicatat dan diperhatikan sebelum menggunakan metode ini, yaitu:

  1.  Wajib menggunakan akun SISTER
  2. Menggunakan Penjadwalan Zoom pada SISTER ( Login SISTER -> pilih menu Akademik -> pilih Ganti Jadwal Kuliah dan Set Kuliah Daring -> pilih menu Zoom dibagian kolom AKSI dimasing-masing mata kuliah )

Jika sudah melakukan langkah diatas, maka kehadiran pada perkuliahan Anda akan terekam pada SISTER. Dengan menggunakan metode ini, Dosen dapat mengetahui durasi waktu berapa lama mahasiswa hadir dalam perkuliahan, kapan mahasiswa mulai bergabung perkuliahan, dan kapan mahasiswa meninggalkan perkuliahan.

 

Gambar 1. Kehadiran Mahasiswa dalam perkuliahan daring

 

Dosen juga dapat mengetahui apakah mahasiswa tersebut sedang mengalami kendala untuk bergabung pada perkuliahan daring dengan melihat berapa kali mahasiswa tersebut berusaha untuk bergabung dalam perkuliahan pada jam perkuliahan berlangsung. Dengan ini dosen dapat mengevaluasi pelaksanaan kuliah secara daring, apakah berjalan dengan lancar atau masih ada beberapa mahasiswa yang mengalami masalah jaringan internet.

Gambar 2. Mahasiswa mencoba beberapa kali untuk bergabung dalam perkuliahan daring

 

Bagi mahasiswa yang belum menggunakan presensi dengan metode ini, dosen juga dapat mengetahui lokasi dimana mahasiswa mengikuti perkuliahan. Dengan menggunakan presensi QRCode, maka mahasiswa akan diminta untuk mengaktifkan fitur Geolocation pada perangkat yang digunakan untuk melakukan presensi. Maka dengan fitur Lokasi Presensi Kehadiran, dosen dapat memastikan dimana mahasiswa mengikuti perkuliahan secara daring.

 

Gambar 3. Lokasi mahasiswa saat mengikuti perkuliahan secara daring

Untuk Mahasiswa yang ingin menggunakan metode ini, wajib login di aplikasi Zoom menggunakan akun email institusi (NIM@mail.unej.ac.id). Jika tidak menggunakan email institusi, maka kehadiran tidak akan terekam. Jika belum memiliki email institusi, silahkan pelajari kebijakannya disini dan cara memperoleh akun email institusi disini.

Mahasiswa dapat mengetahui apakah dia sudah melakukan presensi dan terekam pada SISTER atau belum melalui menu perkuliahan yang berlangsung seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 4. Kehadiran mahasiswa sebelum melakukan presensi menggunakan aplikasi Zoom (No Data)

Gambar 5. Kehadiran mahasiswa setelah melakukan presensi menggunakan aplikasi Zoom (muncul tanggal dan jam saat presensi)

 

Perlu diingat, metode presensi dengan menggunakan aplikasi Zoom ini merupakan fitur baru, pastikan Anda paham terlebih dahulu bagaimana cara menggunakannya. Jika belum, metode presensi dengan menggunakan QRCode pada SISTER dan Attendance pada MMP akan selalu dapat digunakan sebagaimana biasanya.

 

 

 

 

Untuk video panduan presensi menggunakan aplikasi Zoom dapat dilihat disini.

Video panduan terkait presensi untuk Dosen dan Mahasiswa menggunakan aplikasi mobile bisa dilihat pada link berikut ini

Author:

Super Administrator