Pembaruan Aplikasi SISTER for Tendik, Kembangkan Teknologi Facial Recognition dan Location-based Authentication

Tim pengembang aplikasi mobile dari Divisi Programmer UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi kini telah dalam proses pembaruan aplikasi SISTER for Tendik atau biasa kita sebut SFT. Pembaruan ini dilakukan mengikuti kebijakan dan kebutuhan Tenaga Kependidikan di Universitas Jember saat ini.

Bayu Taruna Widjaja Putra., S.TP., M.Eng., Ph.D. selaku Kepala UPT TIK mengatakan bahwa pembaruan aplikasi SFT sudah saatnya dilakukan mengingat kebijakan dan kebutuhan yang ada saat ini telah berubah. Dirinya juga menambahkan bahwa pembaruan kali ini akan mengusung metode presensi berbasis lokasi atau Location-based authentication dan Face authentication. Sementara saat ini sedang pada tahap uji coba di beberapa Unit dan Lembaga tertentu di Universitas Jember, Bayu juga mengatakan bahwa selama dalam proses uji coba implementasi pembaruan, Tendik masih bisa melakukan presensi menggunakan metode Scan QRCode yang selama ini telah ada.

“Memang dalam tahap testing ini, kita pasti akan mengalami beberapa error pada aplikasi yang baru. Maka dari itu, kami masih menyediakan metode menggunakan QRCode sebagai alternatif jika ada error saat presensi. Selanjutnya, ketika sudah resmi rilis, hanya akan ada dua metode yang bisa digunakan; Geo-Location atau Face Recognition.” ujar Kepala UPT TIK saat ditemui setelah menghadiri acara wisuda online di Auditorium Universitas Jember.

Pada kesempatan yang berbeda, Juris Vassa selaku Mobile Programmer sekaligus koordinator pengembangan Aplikasi SFT mengatakan bahwa dirinya dan tim saat ini tengah pada tahap Performance Evaluation, yang mana tahap ini adalah dimana aplikasi sudah hampir siap untuk dirilis publik dan dapat digunakan oleh semua Tendik yang ada di Universitas Jember.

“Kami telah melalui tahap-tahap yang diperlukan untuk implementasi pembaruan pada SFT, saat ini kami tengah menguji performa SFT pada perangkat (Android dan iOS) yang kami jadikan sebagai sarana, juga kami lakukan uji di berbagai titik lokasi dengan menggunakan jaringan internet lokal (jaringan internet Universitas Jember) dan paket data (jaringan internet dari berbagai provider).”

Untuk versi SFT yang stabil akan dirilis dalam waktu dekat oleh UPT TIK sehingga semua Tendik dapat menggunakan fitur baru dengan metode presensi yang juga baru. Selain itu, SFT juga mendapat penyegaran disisi layout aplikasi. Diharapkan bagian kecil pembaruan ini dapat meningkatkan semangat dan etos kerja bagi Tendik di Universitas Jember.

Author:

Super Administrator