Microsoft Office 365 Education versi web adalah Office 365 online yang ditujukan untuk kalangan akademisi (Dosen/tenaga pengajar, Mahasiswa, dan Karyawan) yang bekerja dan belajar di Universitas Jember. Office 365 Education menyediakan Office Online (Word, PowerPoint, Excel, dan OneNote), terdapat berbagai fasilitas pada Office 365 Education yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik akun, di antaranya:

Sistem Email Berkapasitas 50 GB

Bukan hanya email tetapi email yang memberikan kebebasan dan mendukung berbagai skenario yang memudahkan akademisi untuk melakukan berbagai skenario seperti:

  • Mengetahui kontak rekan lain yang tergabung di Office 365 dan setiap perubahannya. Sebagai contoh seorang dosen ingin mencari kontak dosen lain yang memiliki kompetensi tertentu.
  • Sistem kalendar yang dinamis. Mahasiswa dapat segera mengetahui perubahan jadwal kuliah atau kegiatan penting dengan sistem kalendar terpusat dan terintegrasi
  • Distribution list. Membantu mahasiswa membuat kelompok belajar, grup riset, dan juga mailing list komunitas untuk berbagi ilmu pengetahuan melalui platform email Office 365.

Penyimpanan Awan Berkapasitas 1 TB

Sebagai penyimpanan awan yang dirancang untuk digunakan secara personal sekaligus untuk berkolaborasi, OneDrive for Business dapat memudahkan akademisi untuk melakukan pengelolaan berbagai berkas dengan skenario seperti:

  • Menyimpan berkas penting seperti dokumen skripsi atau sejenisnya untuk menjadi backup dari data yang tersimpan di komputer. Sehingga meminimalisir kemungkinan kehilangan data yang disebabkan karena virus atau kerusakan hardware.
  • Berkas dan dokumen yang dapat dibagikan kepada sesama pengguna akun secara personal memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menjalin kegiatan kolaboratif, seperti dalam pengerjaan tugas kelompok atau laporan organisasi.

Situs Kolaborasi

Diciptakan untuk memberikan pengalaman lebih dalam berkolaborasi, Office 365 dilengkapi dengan SharePoint Online yang memungkinkan pengguna untuk mengelola Team Site.

  • Team Site dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, atau staf untuk mendirikan ruang kerja virtual yang bermanfaat untuk pengerjaan tugas/proyek tertentu atau sebagai virtual workspace organisasi di kampus.
  • Pengguna dapat mengatur aplikasi dan layout pada team site sesuai kebutuhan. Fitur Social dan Document Library menjadikan kolaborasi virtual lebih interaktif.

Ruang Komunikasi Virtual

Lync Online dapat digunakan bagi mahasiswa, dosen, ataupun staf dalam berkomunikasi secara real time. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan kapabilitas Lync Online di lingkup akademik di antaranya:

  • Diskusi personal. Dengan dukungan IM, video/audio call serta beberapa fitur lain, mahasiswa, dosen, atau staf dapat dengan mudah melakukan komunikasi dua arah atau secara berkelompok.
  • Lync Online juga terintegrasi dengan direktori kontak terpusat, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan kontak antar sesama warga kampus, beserta status presence-nya, apakah sedang offline, online, sibuk atau tidak bisa diganggu.
  • Kelas virtual juga sangat dimungkinkan untuk diadakan menggunakan Lync. Kemampuan Lync untuk mampu menampung hingga 250 anggota aktif dalam satu sesi, dan didukung fitur seperti virtual whiteboard, online presentation, file/dekstop/application sharing dan sebagainya, memungkinkan dosen untuk mengadakan kelas jarak jauh ketika sedang bertugas di luar kota atau hendak melibatkan pengajar dari luar negeri.

Bekerja di Berbagai Perangkat

Untuk mendukung kegiatan dosen dan mahasiswa yang padat, dan cenderung mobile, berbagai fasilitas di Office 365 dapat dioperasikan melalui berbagai jenis perangkat, termasuk di komputer (Windows, Mac, Linux), Tablet (Windows, iOS, Android) hingga Smartphone (Windows Phone, iOS, Android, BlackBerry, Symbian). Aplikasi pendukung untuk masing-masing fasilitas di Office 365 dapat diunduh melalui Market Store atau portal Office 365.

Universitas Jember  saat ini menyediakan Microsoft Office 365 Education (versi web) untuk semua Sivitas Akadmik Fakultas / Staff / Karyawan Universitas Jember berlisensi gratis atau free tanpa biaya langganan
Silakan aktivasikan akun Anda di

https://www.microsoft.com/en-us/education/products/office

Kemudian pada Get started with Office 365 for free  dan Enter your school email address masukkan alamat email institusi Anda dengan domain @mail.unej.ac.idPada halaman berikutnya, pilih “I’am a teacher”, lalu ikuti petunjuk di sana.

untuk menggunakan account yang sudah Anda buat tadi , Anda bisa login dengan link dibawah ini:

http://portal.office.com

kemudian Anda bisa menggunakan Microsoft Office 365 education

Mohon diperhatikan bahwa tidak seperti Microsoft Office Professional yang memberi Anda lisensi permanen, lisensi Office 365 hanya berlaku selama Anda bekerja di Universitas Jember. Setelah Anda tidak lagi menjadi Sivitas Akademik Fakultas / Staff / Karyawan Universitas Jember maka lisensi ini tidak berlaku lagi dan dihapus

Jika Anda mengalami kesulitan, silakan hubungi Helpdesk

Kami dengan senang hati mengumumkan ketersediaan Office 365 Education (versi web) berlisensi gratis untuk Mahasiswa. Silakan aktivasikan akun  Anda di link berikut:

https://www.microsoft.com/en-us/education/products/office

Kemudian Get started with Office 365 for free  dan Enter your school email address masukkan alamat email institusi Anda dengan domain  @mail.unej.ac.id. Pada halaman berikutnya, pilih “I’am a student”, lalu ikuti petunjuk di sana.

untuk menggunakan account yang sudah anda buat tadi , Anda bisa login dengan link dibawah ini:

http://portal.office.com

kemudian Anda bisa menggunakan Microsoft Office 365 education

Mohon diperhatikan bahwa lisensi Office 365 hanya tersedia selama anda menjadi mahasiswa atau selama  masa studi Anda di Universitas Jember. Setelah Anda tidak lagi menjadi mahasiswa Universitas jember maka lisensi ini tidak berlaku lagi dan dihapus

Jika Anda mengalami kesulitan, silakan hubungi Helpdesk

Pembaruan Peraturan Layanan Surat Elektronik