Gagal Aktivasi Office 365 di Windows 11? Begini Caranya.

Banyak keluhan yang dialami oleh pengguna Microsoft Windows 11, sistem operasi terbaru besutan Microsoft, diantaranya adalah dalam proses aktivasi Office 365. Problem ini biasanya muncul saat lisensi yang digunakan adalah lisensi yang diperoleh dari lembaga atau institusi dengan metode login dan autentikasi melalui Single Sign On (SSO).

Pengguna akan mengalami error saat diminta oleh Microsoft untuk login menggunakan akun yang dimilikinya melalui SSO lembaga atau institusi yang dimilikinya, dan akhirnya pengguna tidak dapat melanjutkan proses aktivasi lisensi Office 365. Hal ini disebabkan Windows 11 sudah menerapkan SSL 3.0 dan TLS 1.3. Keduanya merupakan update teknologi terbaru dari Secure Sockets Layer dan Transport Layer Security versi sebelumnya. SSL versi 3.0 dan TLS versi 1.3 ini menjadi faktor gagalnya proses komunikasi protokol yang digunakan Windows 11 untuk mendapatkan autentikasi pengguna saat akan membuka SSO, karena adopsi SSL versi 3.0 dan TLS versi 1.3 ini belum sepenuhnya menyeluruh dalam teknologi yang kita gunakan. Termasuk teknologi SSO yang kita gunakan, masih perlu pengembangan lagi untuk bisa mengadopsi SSL versi 3.0 dan TLS versi 1.3.

Maka dari itu, kami menyediakan panduan yang bisa Anda ikuti jika Anda kebetulan menggunakan Windows 11 dan gagal melakukan aktivasi lisensi Office 365 yang dilanggan oleh Universitas Jember.

Panduannya bisa Anda ikuti pada halaman berikut ini.
Panduan Aktivasi Office 365 pada Windows 11



Author:

Super Administrator