• Office 365 Education
  • Email Institusi

Cegah Data Bocor, kini Layanan Zoom Universitas Jember berada di Server Lokal

Zoom menawarkan layanan public cloud atau hybrid. Dalam layanan hybrid cloud, kita dapat membuat jalur server komunikasi yang dikenal sebagai Zoom Meeting Connector dalam jaringan internal Universitas Jember. Dengan demikian, data pengguna dan metadata komunikasi dikelola dan dihosting pada server pribadi Universitas Jember. Semua arus data saat rapat online termasuk data video, data suara, dan berbagi data melalui Zoom Meeting Connector di lokasi.

meeting connector diagram

Penerapan Private Data Center dan Kesiapan Pembelajaran Hybrid

Layanan Zoom yang selama ini digunakan menggunakan public data center, artinya semua data yang terekam saat teleconference disimpan pada server di lokasi terdekat. Kita tidak bisa mengontrol bagaimana data pribadi kita diolah oleh pihak Zoom, maupun pihak lainnya jika ada. Hal ini memungkinkan ekploitasi data semakin besar. Maka kini Universitas Jember, melalui UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi telah menerapkan Hybrid Cloud, yang artinya kita bisa menyimpan data dan aktivitas kita menggunakan Zoom pada server pribadi. Dengan menggunakan Private Data Center, keamanan dan privasi data (berupa video, chat, dokumen) bisa dijamin  keamanananya.

Universitas Jember juga dengan ini sudah mulai mempersiapkan “hybrid learning” dalam merespon Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Public Data Center ( ZOOM)

Public Data Center ( ZOOM)

Private Data center (UNEJ)

Author:

Super Administrator