Uji Coba Sangfor Internet Access Management (IAM)

4 April 2019, UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi telah melakukan uji coba penggunaan produk Sangfor Internet Access Management (IAM) sebagai Internet Access Control pada semua jaringan internet di lingkungan Universitas Jember yang terintegrasi dengan SSO (Single Sign-On) Universitas Jember dalam upaya peningkatan keamanan dan sehat dalam berinternet serta optimalisasi penggunaan bandwidth yang dimiliki Universitas Jember sehingga memberikan pelayanan yang maksimal bagi seluruh sivitas akademik Universitas Jember.

Tampilan Dashboard Sangfor IAM

Dengan Sangfor IAM, data jumlah user yang menggunakan jaringan internet di Universitas Jember dapat diketahui secara pasti.

Control Internet Akses Hingga End User

Dengan Sangfor IAM, semua aktivitas berinternet di Universitas Jember dapat dikontrol sesuai kebutuhan dan kebijkan yang berlaku.

Tips

Saat ini untuk bisa menggunakan jaringan internet di Universitas Jember, Anda sebagai pengguna hanya perlu melakukan login pada halaman SSO Universitas Jember. Proses permintaan untuk login SSO akan otomatis setelah Anda menghubungkan perangkat pada WiFi yang ada di lingkungan Universitas Jember. Biasanya perangkat akan otomatis membuka halaman SSO  (sso.unej.ac.id) dan meminta Anda untuk login menggunakan akun SISTER untuk dapat melanjutkan aktivitas berinternet Anda. Lakukan hal berikut ini jika Anda mengalami masalah dalam mendapat akses internet:

  1. Jika browser (peramban) Anda tidak otomatis membuka halaman SSO untuk meminta Anda login, silahkan lakukan Clear Cache (CTRL+SHIFT+DEL) pada browser (peramban) Anda, lalu tutup dan buka kembali browser (peramban) Anda.
  2. Putus (disconnect) koneksi perangkat Anda dari WiFi, kemudian sambungkan (connect) kembali.
  3. Kemungkinan cache di browser (peramban) Anda menyimpan sesi masuk Anda, sehingga Anda harus keluar (log out) dari SSO. Untuk keluar dari SSO gunakan alamat ini https://sso.unej.ac.id/cas/logout

Tips Khusus untuk Pengguna Perangkat Mobile / Smartphone

Captive Portal Login, adalah proses login ketika pertama kali terhubung dengan jaringan internet / WiFi. Anda akan langsung dialihkan melalui popup notification menuju halaman SSO Universitas Jember . Silahkan login menggunakan akun SISTER Anda. Pada beberapa perangkat mobile, popup notification untuk login captive portal adalah aplikasi yang berbeda dengan browser yang terpasang di perangkat Anda, sehingga Anda akan diminta login kembali melalui browser untuk mengakses layanan di Universitas Jember seperti SISTER, UC3, Kawanda, dan lainnya.

Hal ini tidak perlu dilakukan oleh pengguna yang menggunakan PC/komputer, laptop, atau pun perangkat mobile yang melakukan autentifikasi langsung menggunakan browser.

Panduan Clear Cache Browser

Tinggalkan Komentar Anda

komentar diterima

Author:

Super Administrator