Sekilas UPT Teknologi Informasi

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi selanjutnya disingkat UPT-TI Universitas Jember merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Universitas Jember yang memberikan pelayanan dalam hal teknologi informasi bagi civitas akademika Universitas Jember. UPT-TI saat ini menempati gedung seluas 1.200 m2, berada di sebelah timur Fakultas Pertanian, sebelah barat FMIPA, dan sebelah utara Kantor Pusat.

UPT-TI Universitas Jember pertama kali dibentuk pada tahun 1986 yang dipimpin oleh Drs. Kaswari Hadipranoto yang juga merupakan seorang tenaga pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan Bimbingan Konseling Universitas Jember sampai dengan tahun 2000. Mulai tahun 2000 UPT-TI berganti pimpinan yaitu Ir. Heru Ernanda yang juga salah seorang pengajar di Fakultas Teknologi Pertanian jurusan Teknik Pertanian hingga tahun 2004. Pada tahun 2004 pimpinan UPT-TI beralih kepada Dr. Kahar Muzakkar, S.Si yang berasal dari FMIPA Biologi Universitas Jember sampai tahun 2006. Pada tahun 2006 kendali UPT-TI beralih kepada Achmad Maududie, ST, M.Sc. yang merupakan pengajar Fakultas Teknik jurusan Elektronika dan Program Studi Sistem Informasi Universitas Jember. Pada tahun 2012, Drs. Sudarko, Ph.D. (FMIPA Kimia Universitas Jember) diberikan kepercayaan untuk memimpin UPT-TI.

Pada awal terbentuknya, UPT-TI Universitas Jember beranggotakan karyawan sebanyak 7 orang. Seiring dengan perkembangan, UPT-TI memiliki total 26 personil yang meliputi tenaga administrasi, teknisi, maupun dosen dari berbagai fakultas di Universitas Jember.

Beberapa jenis sistem informasi telah dibuat untuk mengoptimalkan proses pendidikan yang berlangsung di Universitas Jember diantaranya adalah: Sistem Informasi Akademik Mahasiswa, Sistm Informasi Wisuda (SIWISUDA), Sistem Informasi Tugas Akhir (SITA), Sistem Informasi Keuangan (SIMKEU), Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG), Direktori Dosen, Sistem Informasi Sarana Prasarana (SINAPRA), dan masih banyak sistem informasi lainnya. Secara bertahap sejak awal tahun 2013 seluruh sistem informasi tersebut yang berdiri sendiri-sendiri mulai diintegrasikan ke dalam Sistem Informasi Terpadu (SISTER) Universitas Jember.