Pelatihan Bagi Praktisi Perbankan Bangladesh

Kepala UPT TIK Universitas Jember, Drs. Sudarko, P.hD, memberikan materi tentang aplikasi manajemen perkantoran yang ada di lingkungan Universitas Jember dalam kegiatan pelatihan pengembangan kapasitas (capacity building) bagi para praktisi perbankan Bangladesh yang bertempat di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Universitas Jember dengan AIT dan Universitas Udayana untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya pada tahun 2016 lalu, Fakultas Teknik Universitas Jember juga telah mendidik praktisi perminyakan Bangladesh. Menurut Fazle Karim dari AIT, Universitas Jember dipilih sebagai mitra karena Universitas Jember merupakan salah satu perguruan tinggi yang dianggap mumpuni, dan sudah cukup dikenal di dunia internasional.

Dalam materinya, Sudarko menjelaskan tentang pengembangan teknologi di Universitas Jember, diantaranya adalah SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) yang digunakan untuk memanajemen arsip dan surat menyurat secara digital, kemudian juga Elearning yang sudah mulai diterapkan di lima fakultas yang akan menjadi acuan dari sistem pembelajaran di Universitas Jember.


Selain SIKD dan Elearning, Sudarko juga memberikan paparan tentang Kawanda sebagai aplikasi cloud storage yang merupakan fasilitas penyimpanan data digital bagi sivitas akademik Universitas Jember. Dijelaskan juga adanya layanan aduan di lingkungan Universitas Jember yang telah menggunakan aplikasi yang bisa diakses oleh sivitas akademik yaitu UC3. Lalu SISTER ( Sistem Informasi Terdisribusi) yang telah dikembangkan sampai saat ini juga menjadi bahan materi dalam kegiatan tersebut.

Tinggalkan Komentar Anda

komentar diterima