Menggunakan Kawanda Sebagai Media Video Player

Dengan sistem perkuliahan yang semakin berkembang dan variatif, proses penyampaian materi kuliah pun bisa tak seperti dulu lagi. Saat ini dosen bisa menggunakan bahan ajar berupa video untuk membantu proses penjelasan materi tertentu.

Dengan fasilitas yang telah mendukung perkuliahan saat ini, para dosen di lingkungan Universitas Jember bisa memanfaatkan Kawanda sebagai media player untuk video bahan ajar. Bagaimana caranya? Caranya sangat sederhana dan mudah mengingat Kawanda merupakan sebuah aplikasi berbasis website, Anda hanya cukup mengunggah video Anda di Kawanda yang kemudian bisa Anda putar secara langsung di Kawanda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dapat menggunakan Kawanda sebagai media player video Anda secara langsung, yaitu :

  1. Anda harus memiliki akun Kawanda untuk bisa mengunggah video ke dalam ruang penyimpanan.
  2. Format file video yang akan Anda gunakan sebagai bahan ajar harus berupa MPEG-4 (.mp4), M4V (.m4v), OGG Video (.ogv), atau WebM (.webm).

Dari dua hal tersebut kemungkinan Anda merasa bingung jika format file video Anda bukan salah satu dari keempat yang tersebut diatas. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan konversi format file video Anda sesuai dengan format file yang didukung oleh Kawanda.

Ada banyak aplikasi untuk mengkonversi format file baik itu video, foto ataupun audio. Sebagai contoh adalah HandBrake dan FFmpeg. Keduanya adalah aplikasi dari sumber terbuka dengan fitur yang sangat bagus.

Berikut tutorial singkat untuk melakukan konversi format file video secara mudah.

Download dan Install Aplikasi HandBrake

Anda bisa mengunduh aplikasi HandBrake dari halam resminya.

Tinggalkan Komentar Anda

komentar diterima

Pilih file video yang ingin Anda konversi

Disini video yang akan saya konversi adalah format .AVI dan tidak bisa diputar dari Kawanda.

Tinggalkan Komentar Anda

komentar diterima

Pilih format file hasil konversi (.MP4)

Disini saya memilih format file hasil konversi adalah .MP4 dan saya simpan dalam folder yang sama dengan video asli. Saya biarkan semua pengaturan secara default. Namu jika Anda ingin menyesuaikan dengan keinginan Anda, ada banyak sekali pengaturan yang bisa Anda ubah.

Tinggalkan Komentar Anda

komentar diterima

Proses konversi selesai

Proses konversi video saya sudah selesai dan kini saya mempunyai video dengan format file yang dapat saya putar langsung di Kawanda dengan format file .MP4.

Tinggalkan Komentar Anda

komentar diterima

Proses unggah video ke Kawanda

Saya unggah video hasil konversi sebagai bahan ajar ke dalam Kawanda.

Tinggalkan Komentar Anda

komentar diterima

Video siap digunakan

Video saya telah siap saya gunakan untuk mengajar diperkuliahan.

Tinggalkan Komentar Anda

komentar diterima

Dengan memanfaatkan Kawanda, Anda tidak perlu menggunakan USB Flashdrive untuk menyimpan dan membawa materi perkuliahan, cukup Anda simpan di Kawanda dan dapat diakses darimana saja dan kapan saja, sehingga saat Anda melaksanakan perkulihan di kelas, Anda bisa memanfaatkan All in One PC yang sudah tersedia di setiap kelas, tanpa harus memakai laptop sendiri.

All in One PC yang sudah disediakan di kelas sekarang ini menggunakan sistem operasi Windows 8.1 yang sudah memanfaatkan sistem Active Directory Windows Server di UPT-TIK, sehingga kinerja dari All in One PC yang ada dikelas semakin meningkat dan kompatibilitas dari bahan ajar diharapkan semakin baik termasuk dengan bahan ajar berbentuk video.

Tinggalkan Komentar Anda

komentar diterima