Diperbarui secara berkala. Data terbaru per tanggal 17 Sep 2019.

Infrastruktur Teknologi Informasi

Dengan didukung sebanyak 160 entitas server fisik maupun virtual menggunakan mesin dengan total kapasitas 1.270 core CPU, 3.618 Gigabyte RAM dan 178.234 Gigabyte kapasitas penyimpanan, UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Jember mampu memberikan layanan yang maksimal kepada semua sivitas akademika di lingkungan Universitas Jember.

Dalam dukungan jaringan internet, terdapat sebanyak 737 access point pada sistem controller telah tersebar diseluruh titik di lingkungan Universitas Jember sebagai penyedia koneksi internet wireless. Jumlah bandwidth yang dilanggan Universitas Jember pada tahun 2019 sebesar 6 Gbps (Giga bit per second) dengan pembagian; koneksi internasional dan nasional sebesar 3 Gbps oleh provider Moratelindo, koneksi internasional dan nasional 2.5 Gbps dan 500Mbps (Mega bit per second) untuk jaringan jalur metro (Metro Ethernet Network ) kampus di Jember, kampus Lumajang, kampus Bondowoso, dan kampus Pasuruan oleh provider Telkom Indonesia, dan 50 Mbps untuk IDREN (Indonesian Research and Education Network).

Program dan Aplikasi

Dalam mendukung aktivitas pembelajaran, riset dan pengelolaan Universitas, UPT TIK menyediakan ragam program dan aplikasi diantaranya adalah: Microsoft Windows, Microsoft Office, OnlyOffice, Adobe Creative Cloud, OCA, CRAN, R Shiny, R Studio, URA, dan Repository.

Untuk menunjang kegiatan sivitas akademik universitas, UPT TIK juga mengembangkan layanan utama penunjang antara lain: SISTER (Sistem Informasi Terdistribusi) yang didalamnya terdapat berbagai modul layanan pendukung akademik (SBMPTBR, KRS, SIMKEU, SIKD, SIMANGGA, BKD, SKPI, e-Vote, e-Office, e-Payment), CBT, CBEPT, Library, Beta-UMC, E-Learning, Kawanda, UC3, Jurnal, BEM, UKM, dan FB UNEJ.

Saat ini UPT TIK juga telah melayani sejumlah 28.668 hosting website untuk publikasi mahasiswa, dosen, dan karyawan pada layanan FB UNEJ serta sejumlah 30 hosting website UKM di lingkungan Universitas Jember. Untuk layanan email @unej.ac.id dan @student.unej.ac.id, sampai saat ini telah terdaftar sejumlah 5.867 akun. Demikian juga untuk pengguna layanan Kawanda, telah mencapai 30.830 pengguna terdaftar dengan masing-masing mendapatkan kapasitas penyimpanan maksimal sebesar 20 Gigabyte.