Apa itu Eduroam?

Eduroam (education roaming) adalah layanan roaming internasional untuk pengguna dalam lingkup penelitian, pendidikan tinggi dan pendidikan lanjutan. Eduroam memberi para peneliti, dosen dan mahasiswa akses jaringan internet yang mudah dan aman ketika mengunjungi sebuah perguruan tinggi lain. Otentikasi pengguna dilakukan oleh perguruan tinggi/lembaga asal mereka, menggunakan kredensial (user and password) yang sama seperti ketika mereka mengakses jaringan internet di kampus mereka, sementara otorisasi untuk mengakses internet dan mungkin sumber daya lainnya ditangani oleh perguruan tinggi/lembaga yang dikunjungi saat itu. Pengguna tidak perlu membayar untuk menggunakan eduroam.

Dengan menggunakan jaringan WiFi eduroam di laptop, ponsel, atau perangkat lain, Anda tidak perlu meminta akun khusus atau meminjam ID orang lain – cukup aktifkan perangkat dengan menggunakan user dan password Anda sama seperti ketika Anda mengakses layanan internet di kampus Anda.

Teknologi eduroam yang aman menjaga privasi Anda,  tidak perlu memasukkan user dan password selain yang Anda miliki selama ini di kampus Anda. Perangkat Anda akan mengidentifikasi jalur akses eduroam yang valid dan masuk secara otomatis. User dan password Anda tidak akan pernah dibagikan dengan titik akses mana pun.

Video Ilustrasi

Berapa Biaya Menggunakan Eduroam?

Berkat perjanjian global, layanan roaming Wi-Fi eduroam gratis untuk pengguna terdaftar.

Apakah Eduroam Aman?

Eduroam didasarkan pada standar enkripsi dan otentikasi paling aman yang ada saat ini. Keamanannya jauh melebihi hotspot komersial biasa. Informasi lengkap tentang keamanan Eduroam bisa Anda pelajari disini.

Kampus dengan Eduroam di Indonesia

Di mana Anda bisa menggunakan eduroam di Indonesia? Mulai dari barat ke timur, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Stenden University Bali, Universitas Hasanuddin, dan banyak lagi yang akan bergabung dengan eduroam.

Bagaimana dengan kampus di luar negeri? Saat ini Eduroam tersebar dan dapat digunakan pada 101 negara. Informasi lengkapnya bisa Anda temukan disini.

Di mana pun Anda melihat ‘eduroam‘ muncul di daftar jaringan Wi-Fi Anda, Anda bisa online.

Panduan Aktivasi dan Login Eduroam

First thing first

Bagi sivitas akademika Universitas Jember, sebelum Anda bisa menggunakan fasilitas eduroam, terlebih dahulu Anda diwajibkan melakukan aktivasi akun SISTER Anda pada halaman dashboard SISTER. Caranya adalah:

  1. Login ke sister.unej.ac.id
  2. Isikan username dan password SISTER Anda
  3. Setelah Anda masuk dashboard SISTER, pilih menu Menu TambahanAktivasi Eduroam
  4. Setelah Anda klik Aktivasi Eduroam, kemudian Anda diminta untuk mengisikan password akun SISTER Anda.
  5. Selamat, akun Anda telah aktif dan bisa menikmati fasilitas eduroam di semua kampus yang tergabung dengan Eduroam.

Panduan Login Eduroam berdasar Sistem Operasi Perangkat Anda

iOS
Microsoft Windows XP, games consoles, wireless printer are not supported

Daftar Lokasi dengan Eduroam di Universitas Jember