Bentuk Pusat Bahasa dan Komputer, Universitas Abdurachman Saleh Belajar ke Universitas Jember

Jember, 6 Februari 2020

Berawal dari pendirian Pusat Bahasa dan Komputer, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo (Unars) belajar mengenai layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ke UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Universitas Jember (6/2). Menurut Firqo Amelia, Ketua Pusat Bahasa dan Komputer Unars, kunjungan kali ini bertujuan mempelajari sistem layanan TIK di Kampus Tegalboto beserta manajemennya yang dinilai sudah maju.

“Kami di Unars baru membentuk Pusat Bahasa dan Komputer pada bulan Januari 2020 lalu, yang awalnya hanya pusat bahasa saja. Kebanyakan latar belakang pengelolanya kebanyakan bukan dari bidang yang berkaitan dengan ilmu komputer, oleh karena itu kami ingin belajar banyak ke UPT TIK Universitas Jember dan merintis kerjasama,” jelas Firqo Amelia yang mengajak 12 orang rekannya belajar di Universitas Jember.

Kunjungan pengelola Pusat Bahasa dan Komputer Unars disambut langsung oleh Sudarko, Ketua UPT TIK Universitas Jember. Dalam penjelasannya, Sudarko menjelaskan  pemakaian aplikasi Sister di Universitas Jember yang berbasis pada  open sources, terpisah-pisah tapi terkait. “Hingga saat ini pengguna Sister sekitar 29 ribu orang mahasiswa menggunakan aplikasi mobile tersebut, karena terbukti memudahkan proses belajar mengajar seperti perkuliahan hingga absen. Tim aplikasi kami juga menciptakan berbagai fitur menarik lainnya,” jelasnya.

Presentasi selanjutnya diisi dengan pemaparan mengenai manajemen organisasi UPT TIK Universitas Jember yang dibagi menjadi divisi-divisi sesuai tugas pokok dan fungsinya. “Ada divisi kerjasama, divisi aplikasi dan perangkat lunak, divisi basis data, divisi high perfomance computing yang menyediakan server untuk penelitian, hingga divisi infrastruktur jaringan dan perangkat keras,” jelas Erick Supartha selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT TIK Universitas Jember. (del)

Author:

Super Administrator